Rabu, 16 Juni 2010

Web Ontologi Language (OWL) dan Semantic Web

Web semantik adalah teknologi web yang berkembang saat ini. Teknologi ini dikembangkan berbasis RDF format. Basis data dapat dijadikan acuan untuk pembuatan metadata, namun BibTex file dapat juga dijadikan acuan untuk pembuatan web semantik. Dengan menggunakan format XML yang merupakan dasar pembentukan metadata (RDF), maka berdasarkan format tersebut metadata dapat didistribusikan atau di simpan dalam domain yang beragam, data yang tersimpan berupa BibTex file di konversi ke format RDF, selanjutnya dengan menggunakan sesame metadata di load pada file index, SeRQL selanjutnya melakukan query terhadap metadata yang telah di load untuk ditampilkan di browser.


Ontologi adalah sub-bidang Filsafat. Ini adalah studi tentang hakikat keberadaan dan sebuah cabang dari metafisika yang bersangkutan dengan mengidentifikasi jenis hal yang benar-benar ada dan bagaimana untuk menggambarkannya. Ia menjelaskan secara formal sebuah domain wacana. Ontologi digunakan untuk menangkap pengetahuan tentang beberapa domain yang menarik dan untuk menggambarkan konsep dalam domain dan juga untuk menyatakan hubungan yang memegang antara konsep-konsep. Ontologi terdiri dari daftar hingga istilah dan hubungan antara istilah atau Kelas dari Objek. Hubungan biasanya mencakup hierarki kelas. Ini adalah eksplisit formal spesifikasi konseptualisasi dan ilmu yang menggambarkan jenis entitas di dunia dan bagaimana mereka terkait (W3C).


Web Ontologi Language
(OWL) adalah bahasa untuk mendefinisikan dan ontologi instantiating web. ontologi OWL termasuk deskripsi kelas, properti dan mereka contoh. OWL digunakan untuk secara eksplisit merepresentasikan makna istilah dalam kosakata dan hubungan antara istilah-istilah. Seperti representasi istilah dan hubungan mereka disebut ontologi. OWL memiliki fasilitas untuk mengungkapkan makna dan semantik dan kemampuan untuk mewakili mesin diinterpretasi konten di Web. OWL dirancang untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu proses konten informasi yang bukan hanya menyajikan informasi
untuk manusia. Ini digunakan untuk representasi pengetahuan dan juga berguna untuk menurunkan konsekuensi logis dari OWL semantik formal.



OWL & Web Semantic (SW)


Semantic Web (visi revolusioner Tim Berners-Lee) tidak lain hanyalah
Web generasi kedua. Menjalin jaringan informasi yang memungkinkan lebih efisien, berbagi pengetahuan yang lebih besar, dan kemudahan dalam penggunaannya. Ontologi adalah kunci untuk interoperabilitas ini karena menentukan bahwa perangkat lunak perlu berkomunikasi satu sama lain. Semantic Web akan memungkinkan pengumpulan secara otomatis dan korelasi berbagai bagian informasi tentang obyek, yang tersedia di berbagai sumber daya web yang berbeda.


Semantic Web akan menghemat waktu yang kita keluarkan dari satu sumber daya web yang lain dalam rangka memperoleh informasi yang berarti pada objek tertentu, kemudian mencari tahu misalnya, informasi lengkap teman lama dan memberikan petunjuk parsial dengan cepat tanpa perlu kita mengunjungi secara manual berbagai halaman web yang terkait. Semantic Web adalah visi dari W3C dipimpin oleh Tim Berners-Lee untuk masa depan web di mana informasi diberikan secara eksplisit dan bermakna, sehingga memudahkan secara otomatis proses dan mengintegrasikan yang tersedia pada web informasi. Dan menyediakan kerangka kerja umum yang memungkinkan data yang akan dibagi dan digunakan kembali untuk aplikasi, perusahaan dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar